Dunia akan Penuh Makna jika Anggi Menulis untuk Kalian

Bikin Paspor: Hari Pertama

Berikut ini adalah tahapan yang saya lalui dalam proses pembuatan paspor.

Yang jelas saya minta dikirimin dulu kartu keluarga, akte kelahiran, dan ijazah SMA dari rumah. Soalnya saya mau bikin di Bandung, sedangkan KTP saya Jogja. Begitu dapet dokumen-dokumen itu, langsung deh discan, trus daftar online di sini.

Keesokan harinya, alias tadi pagi, saya langsung mendatangi kantor imigrasi yang terletak di Jalan Surapati No 82. Nyampe jam 8:30. Mau minta antrian dulu ga dibolehin sama satpamnya. Niatan multitasking nunggu antrian sambil ngisi form gagal jadinya. Yaudah lah ikuti kata si satpam, ambil form dulu baru diisi trus minta nomer antrian.

Dan sebelum ambil form yang gratis itu ternyata masih disuruh beli map kuning yang seharga Rp10.000 di kantin belakang. Baaaah..ternyata masih ada juga biaya-biaya yang gak dibayarkan ke negara.😀
Pas beli map kuning dapet hadiah sampul paspor lho..😐

Setelah selesai ngisi dan ambil antrian, sebaiknya duduk manis nunggu nomer saya dipanggil. Pas itu saya cuman nunggu 10 antrian. Gak lebay juga sih antrinya. Banyak orang ngeluh antrinya bakal panjang. Atau mungkin kebetulan aja saya dapet hari dan jam yang bersahabat.

Nah setelah nomer saya dipanggil, saya segera mendatangi mbak-mbak di loket. Nyerahin form yang udah diisi tadi, fotokopi dokumen-dokumen (KK, Akte, KTP, KTM), dan bukti udah daftar online. Abis itu udah deh, dikasih tanda terima permohonan dan disuruh balik lagi tanggal 29 April buat wawancara. Di hari pertama ini saya menghabiskan waktu kurang dari satu jam di kantor imigrasi.

PS: Guna saya daftar online semalem apaan yak? Antriannya aja disamain sama yang gak daftar online dan suruh dateng lagi buat wawancara, foto, dsb dua hari lagi. Jadi penasaran, jangan-jangan yang gak daftar online juga sama nih suruh dateng dua hari lagi. *su’udzon dikit*
Kalo emang bener kayak gitu, berarti saya mempermudah mereka buat input data dong?😐

bersambung

2 responses

  1. Dita

    Hehe, seharusnya kalau online, Kita nggak usah ngambil nomer antrian pengecekan berkas, tetapi langsung samperin dech tuch loket pendaftaran Passport yg ada tulisannya Paspor umum/ paspor online. Nanti sama petugasnya, disendiriin berkasnya, lalu dipanggil nama, bayar 225.000, sekaligus photo dan wawancara dalam 1 hari yang terjadwal di lembar bukti daftar online itu.
    Mungkin karena Akang ikut ngambil nomer antrian, makanya dikira bukan online trus disuruh balik lagi lain hari.

    Semoga membantu.

    April 4, 2013 at 17:36

    • dulu waktu saya di bandung taun 2011 gak dibedain. padahal udah bilang kalo online. sekarang prosedur buat online kayaknya udah beda, mau dateng kapan udah terjadwal.

      April 17, 2013 at 01:05

Leave a Reply

