Dunia akan Penuh Makna jika Anggi Menulis untuk Kalian

Helm Saya SNI Lohhh… Punya Kamu?

Penasaran dengan helm saya yang bertuliskan V-PRO dan tidak ada embel-embel SNI nya, akhirnya saya berniat untuk menggoogling daftar-daftar helm SNI.

Helm SNI 1
Helm tampak samping

Hasil yang saya dapatkan dari Liputan 6 pun seperti ini..

Berikut jenis Helm yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), seperti dikutip dari Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jaya:
1. NHK
2. GM
3. VOG
4. MAZ
5. MIX
6. INK
7. KYT
8. MDS
9. BMC
10. HIU
11. JPN
12. BESTI
13. CROSX
14. SMI
15. SHC
16. OTOKOGI
17. CABERG
18. HBC
19. Cargloss Helmet

Sementara helm-helm bermerek terkenal yang belum memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain :
1. Nolan
2. Arai
3. AGV
4. Shoei
5. Shark
6. KBC

Wah kecewa deh.. Ternyata dari daftar di atas ga ada yang bertuliskan V-PRO. Eits, tunggu bentar.. Ternyata yang bertuliskan V-PRO itu bagian samping helm saya. Dan di bagian belakang ada tulisannya MIX. Yeah!! Ada di daftar cuy… *norak*

Helm SNI
Helm tampak belakang

Helm ini saya beli saat memasuki kuliah semester 4. Jadi ceritanya mau mulai bawa motor nih di Bandung. Dan saya gak punya helm yang oke dan yahud. Akhirnya sebelum ke Bandung, beli dulu deh di Yogyakarta. Di Jalan Tentara Pelajar kalo gak salah, yang deket bunderan tuloh… Tapi apakah dulu ada stiker SNI di helm saya ya? Gak nyadar euy kalo ternyata saya pernah ngelepas stiker sakti itu. Hahaha….

Hoiyah, denger-denger kalo gak pake helm SNI bakal kena tilang Rp 250 ribu. Sebenarnya tentang helm SNI ini telah diatur dalam Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8. Namun baru diwajibkan bagi pengendara kendaraan bermotor mulai 1 April 2010 lalu. Nah lho.. Udah semua pengendara motor memakai helm SNI belum sih? Di sini nih pentingnya sosialisasi. Jangan-jangan orang yang kena tilang ntar belum tau ada aturan kayak gini..

Bonus pic.. Heheheh…

One response

  1. sevi

    bonus pic’e iku loh wakakaaa

    May 6, 2010 at 08:31

Leave a Reply

